Posted on: January 19, 2021 Posted by: publisher Comments: 0

Pendapatan Asli Daerah Terkoreksi Cukup Dalam Imbas Pandemi

Pendapatan Asli Daerah Terkoreksi Cukup Dalam Imbas Pandemi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, sampai akhir 2020 tercatat masih ada lebih kurang Rp 94 triliun duit negara yang disalurkan ke pemerintah tempat masih tersimpan di perbankan.

Hal berikut dikatakan Sri Mulyani pas rapat kerja bersama Anggota DPD RI, secara virtual, Selasa (19/1/2021).

Dia bilang realisasi ini jauh lebih baik jika dibandingkan bersama bulan sebelumnya.

“Saya sampaikan jumlah account atau simpanan pemerintah tempat di perbankan masih Rp 218,6 triliun di November. Pada akhir Desember kondisinya udah mengalami penurunan menjadi Rp 94 triliun,” kata Sri Mulyani.Pasang Bola

Tak hanya itu dirinya juga menyebut, akibat pandemi virus corona atau Covid-19 penerimaan pendapatan asli tempat juga perlu terkoreksi lumayan dalam.

Dari catatannya realisasi pendapatan asli tempat (PAD) pada 2020 hanya sebesar Rp 250,3 triliun. Angka ini turun 5,3 prosen dari posisi th. lantas yaitu 2019 yang sebesar Rp 293,6 triliun.

“Memang situasi perekonomian yang turun juga keluar di didalam APBD dari pemerintah daerah, penerimaan asli tempat menurun,” katanya.

Dia menjelaskan secara total, PAD pada pendapatan keseluruhan tempat menggapai 22,06 persen. Ini jauh lebih rendah.

Karena pada tahun-tahun pada mulanya ekonomi mengalami ketidakpastian, keseluruhan pendapatan asli tempat dapat menggapai 24 prosen sampai bersama 25 prosen dari APBD.

“Jadi didalam hal ini pemerintah tempat juga menghadapi syok dari penerimaan didalam penerimaan asli daerahnya,” katanya

Leave a Comment