Posted on: March 5, 2021 Posted by: publisher Comments: 0

Menteri BUMN Sebut Bisnis Pom Bensin Akan Meredup, Ini Alasannya

dreadrecordingsuk – Menteri Badan usaha Milik Negara Erick Thohir berspekulasi beberapa usaha hendak memudar bersamaan dengan berkembangnya teknologi. Misalnya saja di bidang energi.

Erick berkata kehadiran baterai kendaraan listrik esoknya hendak mengganti peta bisnis pom bensin. Alasannya, bila esoknya mobil listrik telah menjamur, beliau berspekulasi 80 persen pengisian energi akan dilakukan di rumah.

“Berarti bisnis pom bensin akan sunset. Ini bukan nakut-nakutin, perubahan ini terjadi,” ujar Erick dalam Rapat Kerja Nasional Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Jumat, 5 Januari 2021.

Tidak hanya di bidang energi, disrupsi bisnis bisa terjadi akibat digitalisasi perbankan serta jasa keuangan. Erick berkata belum lama muncul perusahaan teknologi keuangan ataupun fintech serta bank digital.

Kedatangan 2 bisnis digital ini, bagi Erick, hendak membuat pembiayaan terus menjadi ekonomis. Tetapi, di bagian lain, bank dapat saja mulai menutup kantor- kantor cabangnya.

“Hubungannya adalah yang punya bisnis properti, yang tadinya punya gedung disewa bank, bisa-bisa 10 tahun ke depan enggak disewa bank lagi. Karena bank sudah tidak perlu outlet atau cabang,” ujar Erick.

Dengan adanya potensi- potensi perubahan itu, Erick mengajak teman- temannya di Hipmi buat mendata ulang bisnis serta profesi apa yang bisa menjadi lenyap di masa depan itu.

“Dengan network Hipmi dan keberpihakan pemerintah, harusnya HIPMI terdepan ketika terjadi adaptasi perubahan tersebut,” ujar Erick Thohir.

Leave a Comment