Posted on: April 15, 2021 Posted by: publisher Comments: 0

dreadrecordingsuk – PT Global Jet Express atau lebih dikenal J&T Express memiliki perusahaan unicorn baru di Indonesia. Per 7 April 2021, valuasi perusahaan logistik dan ekspedisi ini telah melampaui US $ 7,8 miliar.

J&T Express Jadi Unicorn Ke-5 Di RI, Valuasinya Melebihi Tokopedia

Identitas unicorn baru ini mengacu pada laporan CBInsights yang disebut “The Complete List of Unicorn Companies” (edisi April 2021), di mana lebih dari 600 diklasifikasikan sebagai perusahaan Beast unicorn di seluruh dunia.

Menurut data CBInsights, Indonesia memiliki lima unicorn, yakni Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, dan J&T Express. Dulu, empat perusahaan dikenal sebagai unicorn.

Padahal data valuasi yang digunakan cukup panjang, yakni dari tahun 2016 hingga 2019 nilainya bahkan melebihi “seniornya”.

Valuasi Tokopedia mencapai US $ 7 miliar pada 2016. Kemudian, Bukalapak menjadi $ 3,5 miliar, dan Traveloka $ 3 miliar pada 2017. Pada saat yang sama, OVO akan mencapai sekitar US $ 2,9 miliar pada 2019.

Menurut catatan CBInsights, J&T Express memiliki valuasi tinggi karena telah menyuntikkan modal dari banyak investor.

mengutip CBInsights dalam situs resminya Rabu (14/4) mengatakan: “Hillhouse Capital Management, Boyu Capital, Sequoia Capital China”.

Sebagai informasi, bisnis J&T Express merupakan layanan transportasi dan logistik di Indonesia yang bekerja sama dengan beberapa situs e-commerce besar. Dari rekanan Bukalapak dan Tokopedia, hingga Shopee Indonesia.

Leave a Comment