Posted on: May 27, 2021 Posted by: admin Comments: 0

Tips Untuk Membantu Anda Memahami Fretboard, Memahami fretboard adalah suatu keharusan bagi setiap pemain gitar yang serius. Ini adalah keterampilan yang bagus untuk dipelajari dalam pelajaran gitar Anda . Mampu mengidentifikasi nada apa pun akan membuka dunia baru dari suara akord, skala dan bentuk arpeggio, dan ungkapan. Saya akan memberi Anda beberapa tip untuk membuat tugas yang tampaknya menakutkan ini lebih mudah dikelola.

Berikut adalah semua nada pada gitar hingga fret kedua belas. Saya merasa terbantu, pada awalnya, menggunakan fret kelima dan kedua belas untuk membagi leher dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan nada di sekitar mereka. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahwa fret kedua belas adalah oktaf untuk senar apa pun. Itu memotong seluruh fretboard menjadi dua di sana. Fret kedua belas adalah tempat gitar “dimulai dari awal”. Jika Anda dapat melihatnya, maka mengidentifikasi catatan-catatan itu di register yang lebih tinggi akan jauh lebih mudah. Fret kelima juga berguna untuk dimiliki sebagai jangkar. Gitar disetel ke 4, kecuali untuk senar G dan B yang disetel ke 3 Mayor. Ini berarti fret kelima pada sebagian besar senar memiliki nada yang sama dengan senar terbuka berikutnya. (mis: Fret kelima dari senar A adalah D). Karena senar G dan B disetel ke 3 Mayor, ini adalah fret keempat. 

Tangkapan Layar 2021-04-12 pukul 17.38.21.png

Titik – titik pada fretboard juga berguna untuk menemukan posisi Anda pada gitar. Kebanyakan gitar memiliki titik pada fret ketiga, kelima, ketujuh, dan kesembilan dengan dua belas memiliki dua titik. Tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan menghafal fret putus-putus pada senar E dan A rendah. Pastikan untuk memainkan semua progresi akor Anda sebagai akord barre, bukan akord terbuka. Kemudian, Anda dapat mulai mengisi fret tanpa titik. Setelah Anda memiliki nada senar E dan A Rendah, Anda dapat menggunakan bentuk oktaf untuk menemukan nada lain pada gitar.
Tangkapan Layar 2021-04-12 pukul 17.38.37.png

Katakanlah Anda perlu menemukan nada pada fret kedelapan pada senar B. Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menurunkan nada itu ke oktaf terendah. Anda akan selalu mendarat di senar A atau E rendah. Oktaf pertama di bawah fret kedelapan pada senar B akan membawa Anda ke fret kelima senar D. Dari sana, Anda bisa menurunkan nada itu satu oktaf lagi dan mencapai fret ketiga pada senar E rendah. Itu membuatnya sangat mudah untuk mengidentifikasi bahwa semua nada itu adalah G. Lakukan itu, dan itu tidak akan lama sebelum Anda mulai mengingat apa nada itu bahkan tanpa harus melalui oktaf. Tanyakan guru gitar Anda untuk tips lebih lanjut.

Baca Juga : Apa Arti Berlatih Secara Perlahan Sebenarnya Dalam Bermusik